Perahu Phinisi Bagi Negeri Diawali Dari Rujab Wali Kota Makassar

By Admin

nusakini.com--Dalam posisi triangle, makassar sebagai poros martim di Indonesia timur, salah satu program terpadu antara phinisi sebagai media edukasi berupa field trip yg cukup menyenangkan, sekaligus memperkenalkan icon phinisi yang memiliki sejarah yang cukup panjang, melekat kuat di sejarah nusantara dari jejak sejarah i lagaligo sampai sekarang. 

Perahu Phinisi bagi negeri, yang diawali dari cerita dan diskusi dari Rumah Kediaman Bapak Walikota Makassar di Jalan Amirullah, kini menjadi icon wisata bahari kota makassar.

Dengan posisi strategi sebagai prosos maritim dunia, makassar diharapkan menjadi pusat pengembangan bidang lingkungan kelautan dan teknologi . Menurut Bapak Walikota Makassar, dgn Phinisi yang berciri perempuan (baine) tentunya, maka pasti akan lebih baik jika ada ciri kejantanannya (burunne).

Sambutan Bapak Gubernur yang digarisbawahi bahwa orang Bugis sejak dulu memiliki Komitmen yang besar terhadap Indonesia, memiliki martabat yang tinggi dan layak disebut orang orang yang hebat  

Selanjutnya sambutan Bapak Gubernur Sul-Sel, beliau menekankan bahwa Kita harus berkonstribusi dan bertabat. Phinisi dan bugis makassar menjadi symbol kuat kearifan lokal, tradisi dan budaya yang martabat. Salah satu philosophy dan orang makassar, resso pa temmangingi napawale e pammase. 

Badai Kita harus hadapi jangan menyamping, apali mundur. Namun harus berani mengambil resiko. (p/ab)